Dengan semakin majunya teknologi penangkapan ikan, maka kuantitas ikan yang ditangkap semakin meningkat pula. Dari hasil tangkapan ini, sebagian dapat segera dijual pada konsumen tetapi ada sebagian lagi yang belum sempat dipasarkan. Mesin pendingin atau cold storage saat ini semakin banyak digunakan seiring dengan kemajuan teknologi dan kebutuhan konsumen dalam mengawetkan makanan dan membekukan ikan.

Umumnya penggunaan mesin pendingin atau cold storage digunakan dalam industry perikanan karena sangat penting dalam mempertahankan mutu hasil tangkapan dan menjaga kualitas kesegaran ikan. Akan tetapi kita harus memperhatikan dalam merawat cold storage tersebut. Apabila dalam pengoperasiannya cold storage tidak dilakukan sesuai prosedur dan tahapan-tahapan kerjanya, maka akan timbul kerusakan. Hal inilah yang perlu diperhatikan oleh seorang teknisi dalam mengoperasikan cold storage.  Supaya dalam pendistribusian ikan tidak terhambat karena kelalaian dalam merawat cold storage atau mesin pendingin. 

cold storage skema

Merawat cold storage dengan cara :

  1. Membersihkan kondensor

Kebersihan kondensor ini sangatlah penting karena akan sangat berpengaruh terhadap pengoperasian cold storage. Jika kondensor dalam kondisi yang kotor maka akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk proses pendinginan sehingga listrik yang digunakan juga akan lebih besar dan bisa berakibat pada rusaknya unit kompresor. Pembersihan ini dilakukan dengan cara menggunakan kuas agar debu-debu yang menempel bisa hilang. Untuk periode pembersihan kondensor ini dilakukan sekali dalam sebulan. Namun, jika kondensor memiliki fan maka dilakukan pembersihan setidaknya 6 bulan sekali selain itu pastikan untuk memberi pelumas. 

  1. Membersihkan evaporator

Pentingnya dilakukan pembersihan terhadap evaporator adalah karena komponen ini sangat berpengaruh terhadap jalannya proses pendinginan. Jika kondisi evaporator kotor maka sudah bisa dipastikan bahwa pendinginan akan berlangsung sangat lambat atau bahkan tidak berjalan sama sekali jika kondisi sudah parah. Pembersihan ini dilakukan dengan kuas maupun sikat, jika evaporator terdapat banyak bunga es nya maka langkah pertama yang diperlukan adalah dengan mematikan mesinnya. Tindakan tersebut berfungsi untuk bisa mencairkan bunga es pada cold storage.

  1. Mengecek kondisi elektrikal

Dalam cara yang satu ini tidaklah mudah. Anda harus mengundang teknisi untuk melakukannya. Karena memang berhubungan langsung dengan kelistrikan yang ada  pada mesin pendingin. Langkah pertama yang diperlukan ketika melakukan kegiatan ini adalah mengecek kekencangan dari sambungan-sambungan kabel yang ada. Pastikan bahwa sambungan tersebut tidak kendor yang bisa mengakibatkan panas, percikan api, atau bahkan kebakaran. Selanjutnya perlu juga dilakukan pengecekan terhadap tegangan dan juga amperenya, pastikan bahwa mesin tersebut bekerja pada batas tegangan maupun ampere yang sesuai dengan kebutuhan mesin.

4. Cara selanjutnya yaitu memastikan untuk tidak langsung memasukkan produk yang masih dalam keadaan panas.

Baca juga : Gudang Ikan Online meluncurkan Aplikasi Warehouse Management System khusus untuk Coldstorage Perikanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

Halo,

Klik salah satu kontak di bawah untuk menghubungi kami di whatsapp atau kirim email ke info@fishlog.co.id

×