Salah satu masalah yang dihadapi pemilik gudang cold storage ikan ialah mengelola ketersediaan stok atau stok ikan di gudang cold storage. Ketersediaan stok ikan di gudang cold storage merupakan aset para pemilik gudang cold storage yang harus dikelola dengan sebaik mungkin, karena dapat mempengaruhi kelancaran kegiatan operasional perusahaan. Mengelolanya tidak mudah karena dibutuhkan sistem yang baik untuk mengaturnya. Terdapat beberapa kesalahan yang sering terjadi dalam mengelola stok ikan di gudang cold storage, salah satunya adalah selisih stok ikan. Masalah ini terjadi saat ada perbedaan angka antara data pemeriksaan fisik dan data yang diperoleh di komputer. Jika dibiarkan berlarut-larut, kegiatan operasional perusahaan akan terganggu dan bisa berdampak pada banyak hal.

Berikut penyebab-penyebab yang kerap muncul dalam pengelolaan ketersediaan stok, antara lain:

  • Kurangnya pengecekan fisik
    Salah satu penyebab umum yang sering terjadi adalah kurangnya pengecekan fisik untuk stok ikan yang tersedia pada gudang cold storage ikan Anda. Stok ikan yang tersimpan di Gudang cold storage tidak selama akan berada dalam kondisi yang baik karena terdapat nilai penyusutan yang terjadi atau ikan yang rusak. Ikan merupakan bahan pangan yang mudah rusak (perishable food) karena mengandung protein dan air cukup tinggi. Masalah ini bisa diatasi dengan pengecekan fisik secara teratur sehingga pemilik gudang cold storage bisa menghitung ikan mana saja yang tidak seharusnya dijual atau diproduksi.
QC ikan beku
  • Pengelolaan stok ikan yang masih manual
    Masih terdapat beberapa pemilik gudang cold storage yang menggunakan metode konvensional untuk mengolah gudang cold storage mereka. Pengelolaan barang secara manual tidak efisien dan bisa menyebabkan banyak masalah akibat human error sehingga bisa menyebabkan selisih stok barang dalam gudang cold storage. Untuk itu, para pemilik gudang cold storage perlu menerapkan pengelolaan secara digital agar lebih efisien dan maksimal. Anda dapat menggunakan FishLog WMS untuk mengelola stok ikan agar lebih mudah! FishLog WMS ini memiliki fitur inventory untuk membantu Anda dalam mengelola stok ikan. Dengan fitur real-time, Anda bisa mengetahui secara langsung jumlah stok ikan yang Anda miliki. Selain itu, fitur invoice yang ada juga telah terintegrasi langsung sehingga, jumlah barang akan otomatis berkurang atau bertambah begitu invoice terbuat.  Semuanya tersedia lewat Desktop atau Smartphone Anda.
  • Proses pengiriman dan penerimaan barang
    Penyebab lainnya yang dapat menyebabkan selisih stok ikan adalah pencatatan data ikan yang diterima dan keluar tidak sesuai. Karena itu, pencatatan barang yang keluar atau masuk harus dicatat dengan benar agar tidak terjadi adanya perbedaan data yang diterima sehingga ketersediaan stok ikan bisa terpantau dengan baik.
Mengisi Stok Ikan
  • Stock opname yang tidak tepat
    Setiap pemilik gudang cold storage ikan akan melakukan stock opname untuk mengecek ikan yang mereka miliki. Stock opname bertujuan untuk mengontrol barang yang ada. Kesalahan yang terjadi dalam stock opname dapat membuat data yang salah. Hal ini harus segera dibenahi, data stock opname sering dijadikan acuan dari gudang cold storage untuk mengambil keputusan terkait persediaan barang yang mereka punya.

Solusi untuk selisih stock Gudang Cold Storage

Pengelolaan stok ikan di gudang cold storage yang baik dan teratur tidak akan menyebabkan masalah selisih jumlah barang. Namun, kesalahan tetap tidak bisa terhindarkan. Untuk menghindari penyebab-penyebab yang telah disebutkan diatas, berikut solusi yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah yang ada.

  • Pemilik gudang cold storage ikan bisa membuat kartu stock opname untuk setiap barang jika jumlah barang yang ada sangat banyak. Hal ini untuk menghindari kesalahan pencatatan sehingga pemilik gudang cold storage bisa mengelompokkan komoditas ikan dengan mudah.
  • Saat menghitung stok ikan gunakan satuan terkecil agar menghindari kesalahan. Kesalahan sekecil apapun dapat mempengaruhi perhitungan stok ikan yang telah tersedia.
  • Pemilik gudang cold storage ikan juga perlu memperhatikan tata letak gudang. Taruhlah barang ditempat yang mudah dijangkau dan sesuai dengan klasifikasi serta lokasi penyimpanan agar proses pemeriksaan serta perhitungan data bisa berjalan dengan mudah.
  • Selalu melakukan pengecekan fisik secara berkala minimal 1x per bulan untuk melihat kondisi fisik dari setiap komoditas ikan yang tersedia. Jika ditemukan ikan yang rusak maka, pemilik gudang bisa segera melakukan penyelesaian dari masalah tersebut.

Baca juga : Peran penting WMS pada gudang ikan Anda

2 thoughts on “Inilah Cara Mengatasi Selisih Stok Gudang Cold Storage Ikan

  1. Bagus Wicaksono says:

    Halo Pak Salasa, Saya Wicak dari FishLog. Untuk kegiatan stock opname secara manual bisa dilaksanakan dengan cara mencocokkan jumlah barang yang ada di gudang dengan catatan pembukuan yang sudah tersimpan.

    Apakah yg bapak maksud memaksimalkan kapasitas cold storage pak?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

Halo,

Klik salah satu kontak di bawah untuk menghubungi kami di whatsapp atau kirim email ke info@fishlog.co.id

×