Komoditas ikan di masa pandemi ini semakin diminati pasar global. Ikan memiliki ciri khas tersendiri di setiap komoditasnya. Ekspor perikanan secara kuartalan juga tidak terdampak berat oleh adanya COVID-19. kinerja ekspor perikanan pada triwulan III tahun 2020 mencatatkan pertumbuhan sebesar 3.9%, lalu pada triwulan III tahun 2020 juga melanjutkan kenaikan ekspor sebesar 17,0%.

Ekspor perikanan diproyeksikan akan tumbuh negatif pada triwulan IV tahun 2020 yang diakibatkan oleh based effect triwulan IV tahun 2019. Namun, kinerja ekspor perikanan secara kuartalan masih menunjukkan peningkatan.

Tahun 2021, ekspor ikan masih sangat prospektif dimana Indonesia mulai menemukan ceruk tersendiri yang bisa diisi oleh berbagai produk perikanan Indonesia terutamma di pasar AS, Eropa, Jepang, Malaysia, Thailand, Hongkong, dan negara lain.  

Adapun komoditas yang diekspor diantaranya sword fish, yellow fin tuna, cumi, sotong, shrimp, gindara, gurita, kakap, mahi-mahi, manyung, marlin, sarden, surimi, tenggiri, tuna dan ubur-ubur.

Menurut sumber, Kegiatan ekspor ikan dilakukan di tiga tempat secara serentak yakni Koja, JICT, NPCT 1 dengan total 90 lebih kontainer, 

Sumber: Indonesiaeximbank

2 thoughts on “Ekspor Ikan yang Menjanjikan di Masa Pandemi

  1. Abi rahardja says:

    Ekspor perikanan masih bisa bertahan ditengah pandemi…..akan tetapi pelabuhan perikanan di ibu kota negara tidak diperhatikan drainase dan jalan…….akses jalan yang dijadikan tempat usaha pedagang kaki lima, cuci kendaraan dll…..pemerintah daerah dan pusat seakan tidak peduli akan hal tersebut…….

    • Bagus Wicaksono says:

      Terimakasih Pak Abi Rahardja sudah menanggapi artikel kami. Kita sama-sama terus berupaya untuk memberikan masukan untuk seluruh stakeholder termasuk juga pemerintah dalam mendukung terciptanya sistem logistik perikanan yang terintegrasi. Apakah kita dapat berdiskusi lanjut melalui email? Apabila berkenan mohon hubungi kami melalui email info@fishlog.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

Halo,

Klik salah satu kontak di bawah untuk menghubungi kami di whatsapp atau kirim email ke info@fishlog.co.id

×